Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
ITB-AD Jakarta
Kampus ITB AD Ciputat : Jalan Ir. H. Juanda No. 77, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  HP Bebas Pulsa : 0800 1234 000   ⛟ WA, HP/Tel, dsb. (silahkan klik)
Untuk meninggikan karir, maka sangat baik sekiranya menjadi mhs ITB-AD Jakarta
Uraikan tajuk : Rangkuman Penjelasan Angkutan Kota SKS yg ditempuh & Masa Studi Dana Pendidikan   Program Perkuliahan Sore/Malam (PKSM)
1. Prospektus S1 Akuntansi
2. Prospektus S1 Manajemen
3. Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual
4. Prospektus S1 Sistem Informasi
5. Prospektus S1 Teknologi Informasi
6. Prospektus S1 Arsitektur
------ Pascasarjana
7. S2 Keuangan Syariah

1. Prospektus S1 Akuntansi
Ilmu Akuntansi berkembang sangat cepat dalam mendukung kebutuhan perusahaan, profesi akuntan, pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ekonomi global, turbulansi, teknologi informasi dan komunikasi.

Salah satu sifat mendasar akuntansi adalah memberikan informasi keuangan yang cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga memiliki akuntabilitas kepada seluruh pengguna dalam rangka terciptanya good corporate governance dan good government governance.

Program Studi Akuntansi menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi mampu menguasai aplikasi akuntansi dan keuangan, pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial perusahaan dan sektor publik sebagai manajer maupun entrepreneur yang mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan secara profesional serta mampu memahami perkembangan teknologi sistem informasi bidang akuntasi dan keuangan yang aplikatif.
Kompetensi Lulusan S1 Akuntansi
Lulusan Program Studi S1 Akuntansi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun laporan keuangan, mengelola keuangan, mengembangkan sistem informasi akuntansi, melaksanakan audit keuangan, operasional perbankan konvensional maupun syariah, penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka pemenuhan kebutuhan kredit melalui peran sektor perbankan, menghitung dan menyusun laporan pajak, menganalisa laporan keuangan sektor publik untuk pengembangan institusi sektor publik; mampu melakukan analisis kuantitatif bidang akuntansi; mampu melakukan pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial dan sektor publik; mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi; memiliki keahlian di bidang manajemen perpajakan, dsb.

Kompetensi dasar Sarjana Akuntansi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang akuntansi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang akuntansi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang akuntansi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan S1 Akuntansi memiliki integritas yang kuat, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang akuntansi, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Akuntansi
Sarjana Akuntansi dapat bekerja dan berkarir sebagai Akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan sektor publik, audit internal, dan akuntan pendidik.

Berkarir di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai Akuntan/auditor internal atau staf pemeriksa di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, PMDN maupun PMA, staf ahli akuntansi dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.

Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan akuntan publik, keuangan dan perpajakan, konsultan manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.


2. Prospektus S1 Manajemen
Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

Program studi manajemen menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha.
Kompetensi Lulusan S1 Manajemen
Lulusan Program Studi Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.

Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.

Kompetensi dasar Sarjana Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Manajemen
Sarjana Manajemen dapat bekerja dan berkarir sebagai :

Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.

Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.


3. Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi dan pencitraan, dengan tujuan sosial ataupun komersial melalui media grafik, elektronik, interaktif, maupun multimedia.

Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

Saat ini dunia kerja sangat kekurangan tenaga ahli di kedua bidang tersebut, sehingga lulusan kedua bidang tersebut umumnya langsung terserap di dunia kerja.
Kompetensi Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan seperti berikut ini.
  • Memiliki kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.
  • Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.
  • Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.
  • Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi.
  • Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif.
  • Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain.
  • Memiliki kemampuan melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat media audio visual
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif.
  • Memiliki kemampuan membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual.
  • Memiliki kemampuan menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan untuk mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
  • Memiliki kemampuan menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Desain Komunikasi Visual adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang desain komunikasi visual; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang desain komunikasi visual, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang desain komunikasi visual, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir di Advertising Agency, Graphic House/Studio, Television atau Broadcasting, Photography and Video Production, Publisher, Brand Consultancy, Web Design atau Multimedia Design, Production House, Institusi Pendidikan, Animator, 3D Artist, VFX Artist, Game Design, dan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional / luar negeri) :
  • Sebagai Desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal dan matang dalam konsep serta desain yang up to date.
  • Sebagai Art Director, yang membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan.
  • Sebagai Creative Director, yang bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk.
  • Sebagai Graphic Designer, yaitu tenaga ahli profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain.
  • Sebagai Multimedia Designer, yang membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya.
  • Sebagai Commercial Artist, yang mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media.
  • Sebagai Akademisi (Dosen, Pembimbing/Pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, sekolah, balai pelatihan, dsb).
  • Sebagai Peneliti di berbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.
  • Dsb.

Sarjana Desain Komunikasi Visual juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb.


4. Prospektus S1 Sistem Informasi
Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.

5. Prospektus S1 Teknologi Informasi

6. Prospektus S1 Arsitektur
Kompetensi Lulusan S1 Arsitektur
Lulusan Program Studi Arsitektur dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan perencanaan dan perancangan arsitektur berbasis teknologi informasi untuk merancang bangunan dan lingkungannya serta semua aspek yang berkaitan dengan bidang arsitektur, interior, arsitektur lansekap, perancangan tapak, struktur bangunan terpadu, perumahan dan pemukiman, urban desain atau perancangan kota, komputasi model arsitektur, perancangan ruang luar, teori arsitektur, sains arsitektur dan teknologi, struktur dan konstruksi arsitektur yang berkaitan dengan pengembangan konstruksi, struktur, dan bahan bangunan; memiliki kemampuan menggunakan teknologi Informasi dalam perancangan aristektur; memahami pengetahuan dasar teknik arsitektur, khususnya berkaitan dengan teori, sejarah, merancang bangunan dan lingkungannya dengan baik; memiliki kepekaan dan tanggungjawab yang tinggi terhadap terjaganya kualitas lingkungan yang baik bagi keberlangsungan hidup masyarakat; menghayati dan mengamalkan kode etik arsitek dalam keilmuan, penelitian dan profesi, dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Arsitektur adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang arsitektur; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang arsitektur, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang arsitektur, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Arsitektur memiliki integritas yang kuat, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan mengikuti perkembangan pengetahuan di bidang arsitektur, kemampuan memimpin orang lain, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Arsitektur
Sarjana Arsitektur dapat bekerja dan berkarir sebagai entreprenuer (wirausahawan), konsultan atau kontraktor, akademisi atau peneliti di perguruan tinggi negeri, swasta, dan lembaga penelitian; atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer profesional, pengawas, atau tenaga ahli di bidang arsitektur, interior, arsitektur lansekap, perancangan tapak, struktur bangunan terpadu, perumahan dan pemukiman, urban desain atau perancangan kota, komputasi model arsitektur, perancangan ruang luar, teori arsitektur, sains arsitektur dan teknologi, struktur dan konstruksi arsitektur yang berkaitan dengan pengembangan konstruksi, struktur, bahan bangunan, dsb.;

Berkarir sebagai Arsitek Profesional di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Pekerjaan Umum dan Perencanaan Kota Indonesia dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.

Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan atau kontraktor berbasis teknologi informasi dan komunikasi.


7. Prospektus S2 Keuangan Syariah

Tags: profesi, kompetensi, karir, lulusan, kelas, khusus, itb, ad, jakarta, institut, teknologi, bisnis, ahmad, dahlan, kelas khusus, ad jakarta, teknologi bisnis ahmad, institut teknologi, bisnis ahmad, akuntan publik kap, sebagai akuntan, auditor, internal, interaktif multimedia, dalam era, globalisasi, desain ilustrasi handal, matang dalam, memiliki, kompetensi keahlian mampu, memberikan, arsitektur, lansekap, perancangan tapak struktur, bangunan, prospek, alumnus
Ganti ke  Laptop  HP1, 2
Home- Sekilas
Arah & Tujuan
Pendaftaran Mahasiswa
Pengajuan Beasiswa
Permintaan Brosur - Gratis
Apa Kehebatannya
Jurusan + Gelar
Pascasarjana (MM, S2)
Pusat Bantuan
Pelayanan Terpadu - Seleksi
Dana Pendidikan
Download Pendaftaran
Rangkuman Penjelasan

Beban & Lamanya Pendidikan
Sistem Perkuliahan
Jadwal Kuliah & Dosen
Letak PTS (Map)
Angkutan Kota
Album Foto ITB-AD Jakarta
Daftar Penerima Beasiswa
Kurikulum
Prospek Lulusan

Jaringan / Tabel Website
ITB-AD Jakarta

Tabel Web Kelas Sore/Malam
Tabel Web Pascasarjana (S2)
Tabel Web Kuliah Eksekutif
Tabel Web Utama

Pemerintah & Undang2 Mendukung Kelas Khusus
Bagaimana Ijazahnya ?
Meninggikan Karir
Hubungi layanan kami
Email :  Contact Us   silahkan klik
Tlp/Faks : (021) 8762004, 8762002     No. WA : 0815 145 78119    
Mobile/SMS : 0851 0147 3762, 0815 145 78119, 0878 700 30088
    HP Bebas Pulsa : 0800 1234 000
Kelas Khusus   ⛟   Kualitas Proses Perkuliahan A